PENGARUH PROMOSI DAN PAYLATER TERHADAP IMPULSE BUYING PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI CIKARANG)

  • Sarmin . STIE Ekadharma Indonesia
  • Jullisi Jullisi Mahasiswa STIE Ekadharma Indonensia
  • Suripto Moh Zulkifli STIE Ekadharma Indonensia
Keywords: Impulsif Buyying, Paylater, promosi

Abstract

Impulse buying menjadi sebuah fenomena ditengah masyarakat dalam melakukan pembelian, baik disadari atau tidak fenomena ini sering terjadi saat seseorang memutuskan membeli namun tanpa adanya rencana sebelumnya. Promosi dan paylater menjadi beberapa faktor dalam mempengaruhi perilaku pembelian impulsif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi dan paylater terhadap impulse buying baik secara parsial atau simultan.

Peneliti menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif.  Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebar pada sampel pengguna aplikasi shopee di Cikarang. Sampel dipilih dengan teknik purposive sampling sebanyak 100 responden yang aktif membeli produk dan layanan paylater pada marketplace shopee. Analisis data dilakukan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu IBM SPSS Versi 26.0.

Hasil penelitian didapatkan tiga hasil sesuai dengan hipotesis yang diajukan, yaitu: 1)Promosi berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, 2)Paylater berpengaruh signifikan terhadap impulse buying, 3)Promosi dan paylater secara simultan berpengaruh terhadap impulse buying.

Dapat disimpulkan untuk meningkatkan impulse buying pada konsumen, disarankan agar meningkatkan promosi dan mengoptimalkan layanan paylater guna meningkatkan penjualan melalui pembelian impulsif.

References

Ade Yusuf (2022). Manajemen Pemasaran 1. Sumatra Barat : Penerbit Insan Cendekia Mandiri.
Adhiatma, Widhi (2019). Suara Psikologi untuk Insan Indonesia. Jakarta : Penerbit Universitas Katolik Atma Jaya.
Alma, Buchari (2020). Manajemen Pemasaran & Pemasaran Jasa. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Andi Pramesti Ningsih (2022). Metodologi Penelitian Kesehatan Masyarakat. Padang : Penerbit PT Global Eksekutif Teknologi
Azizah, Laeli Nur (2021), Pengertian Paylater: Keuntungan, Kerugian, dan Cara Menggunakannya. Diakses pada 15/2/2023 dari https://www.gramedia.com/literasi/pengertian-paylater/
Irawan D., Handi (2008). Smarter Marketing Moves : Membangun Keunggulan Melalui Informasi, Komunikasi dan Produk. Jakarta : Penerbit PT Gramedia.
Malau, Harman (2018). Manajemen Pemasaran : Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisional Sampai Era Modernisasi Global. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Mawardi, Ponti K (2018). Riset pemasaran dan konsumen : Panduan Riset dan Kajian: Kepuasan, Perilaku Pembelian, Gaya Hidup, Loyalitas, dan Persepsi Risiko. Bogor : Penerbit IPB Press.
Nainggolan, Nana T &, dkk (2020). Perilaku Konsumen Di Era Digital. Medan : Penerbit Yayasan Kita Menulis.
Pakpahan, R. N., Warneri, W., & Budiman, J. (2022). Pengaruh Penggunaan Paylater Dalam E-Marketing Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Untan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (Jppk), 11(9).
Raafi, G., & Martono, S. (2016). Pengaruh Promosi Terhadap Impuls Buying Dengan Gender Sebagai Variabel Dummy. Management Analysis Journal, 5(2).
Safithri, Marsha N. (2022). Apa Itu Paylater? Pengertian, Aplikasi, dan Cara Membayarnya. Diakses pada 15/2/2022, dari https://majoo.id/solusi/detail/paylater-adalah
Sari, Rahmatika (2021). Pengaruh Penggunaan Paylater Terhadap Perilaku Impulse Buying Pengguna E-Commerce di Indonesia. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 7(1).
Sugiyono (2016). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Penerbit Alfabeta.
Sujarweni, W (2015). Metodologi Penelitian Bisnis & Ekonomi. Yogyakarta : Penerbit Pustakabarupress.
Sunyoto, Danang (2019). Dasar – Dasar Manajemen Pemasaran : Konsep, Strategi, dan Kasus. Yogyakarta : Penerbit CAPS.
Tjantoko, L. E. (2015). Analisa Pengaruh Promosi dan Hedonic Motivation Terhadap Impulse Buying di Ron’s Laboratory Galaxy Mall Surabaya. Jurnal Strategi Pemasaran, 3(1).
Traveloka, (2023). Ini Cara Mudah Bayar Berbagai Produk di Traveloka, Cicilan Tanpa Kartu Kredit. Diakses pada 15/2/2023, dari https://m.traveloka.com/id-id/travelokapay/paylater-installment?id=
Utami, C. Whidya (2018). Manajemen Ritel : Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta : Penerbit Salemba Empat.
Published
2023-06-03
How to Cite
., S., Jullisi, J., & Zulkifli, S. (2023). PENGARUH PROMOSI DAN PAYLATER TERHADAP IMPULSE BUYING PADA MARKETPLACE SHOPEE (STUDI KASUS PENGGUNA APLIKASI SHOPEE DI CIKARANG). JUBISMA, 5(1), 91-105. https://doi.org/10.58217/jubisma.v5i1.76