PENGARUH MOTIVASI, PERSEPSI DAN SIKAP KONSUMEN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DODOL BETAWI CEGER SUKAJAYA
Abstract
Memahami perilaku konsumen dalam memutuskan membeli suatu produk merupakan hal yang penting dalam pemasaran. Banyak faktor yang mempengaruhi konsumen dalam membuat keputusan pembelian, seperti motivasi, persepsi dan sikap konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi, persepsi dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian Dodol Betawi Ceger Sukajaya ,baik secara parsial maupun simultan.
Untuk menguji hubungan antar variable, peneliti menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penentuan sampel pada menggunakan rumus Purba, sehingga diperoleh sampel sebesar 100 orang, dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data yang digunakan adalah data primer berupa kuisioner. Metode analisis yang digunakan meliputi uji instrument, uji asumsi klasi dan uji regresi linier berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS Versi 23.0.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial motivasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Persepsi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Sikap konsumen berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian. Secara simultan motivasi, persepsi, dan sikap konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian Dodol Betawi Ceger Sukajaya. Besar pengaruh motivasi, persepsi, dan sikap konsumen berpengaruh terhadap keputusan pembelian Dodol Betawi Ceger Sukajaya ditunjukkan dengan koefisien determinasi sebesar 0,680. Hal ini menunjukkan bahwa 68% keputusan pembelian dipengaruhi oleh motivasi, persepsi, dan sikap konsumen dan sisanya sebesar 0,320 atau 32,0% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
References
Aziz, Rizky Ardian Jaya ; Puspaningrum, Astrid (2019). Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Sikap Terhadap Keputusan Pembelian Kembali Produk Eiger Di Kota Malang. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.
Marlina, Reni (2018). Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Cv. Anugerah Kencana Motor Palembang. Program Studi Ekonomi Islam Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang.
Maulida, Alfin (2020) Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Titian Hidayah Mataram. Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Mataram Mataram.
Purnama Dewi, Trivilla (2017) Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota Di Nasmoco Mlati Yogyakarta. Program Studi Pendidikan Ekonomi Bidang Keahlian Khusus Pendidikan Ekonomi Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.
Sampoernauniversity.ac.id. Teknis Analisis Data. diakses 4 Maret 2023.
Sofiana, Yana (2019) Pengaruh Motivasi, Persepsi Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Rempah Rendang Cik Diah Pada Masyarakat Desa Kemuning Muda Kecamatan Kemuning Kabupaten Indragiri Hilir. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta
Sujarweni, V. Wiratna (2020) Metodologi Penelitian Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta : Pustaka Baru Press Perpustakaan Nasional RI.
Sutisna ; Susan, Marcellia (2022) Perilaku Konsumen Sebagai Dasar Untuk Merancang Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi Yogyakarta.
Tonce, Yosef ; Rangga, Prunama. (2022) Minat dan Keputusan Pembelian Tinjauan Melalui Persepsi Harga dan Kualitas Produk. Indramayu : Penerbit Adad.
Copyright (c) 2023 Sarmin Sarmin, Tasya Nur Mahdi, Rinaldi Sri Herlambang

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)




