PENGARUH DIGITAL MARKETING PERSONAL SELLING DAN WORD OF MOUTH TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DAN KEPERAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

  • Muhammad Dala Rizfie Universitas Insan Pembangunan
Keywords: Digital Marketing, Personal Selling, Loyalitas Konsumen, Kepercayaan Konsumen, Perencana Keuangan

Abstract

Perkembangan teknologi khususnya internet dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan dunia bisnis. Salah satunya adalah kegiatan komunikasi pemasaran mengharuskan memanfaatkan era digital untuk dapat memperluas kepercayaan masyarakat akan jasa perencana keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Digital Marketing, Personal Selling, Word of Mouth terhadap Loyalitas Konsumen dan Kepercayaan Konsumen sebagai variabel intervening pada konsumen Perencana Keuangan Safir Senduk & Rekan di wilayah Jakarta. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan analisa SEM (Structural Equation Model) - PLS (Partial Least Square).

References

Ali Hasan, 2013, Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan, PT. Buku Seru, Ja karta.
Alma, Buchari. 2005. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Abdillah, W., & Hartono, J. 2015. Partial Least Square (PLS) - Alternatif Stuctural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis (Cetakan 1). Yogyakarta: Penerbit Andy.
Aaker, D. 2003, “The power of the branded differentiator”, Sloan Management Review, Fall, 83-87.
Bernardin and Russel, 1993. Human Resource Management. New Jersey: International Editions Upper Saddle River, Prentice Hall
Charles F Hofacker. 2018. Digital Marketing : Communicating, Selling and Connecting.
Akbar, M.M. & N. Parvez. (2009), Impact of Service Quality, Trust, and Customers Loyalty. ABAC Journal. 29.

Bagas Aji Pamungkas dan Siti Zuhroh, 2016. Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian, Study Kasus Kedai Bontacos Jombang. STIE PGRI Dewantara, Jombang. Vol. X No. 02, September: 145-160

Daniel Laksana dan Diah Dharmayanti, 2018. Pengaruh Digital Marketing terhadap Organizational Performance dengan Intelectual Capital dan Perceived Quality sebagai Variabel Intervening pada Industri Hotel Bintang Empat di Jawa Timur. Universitas Kristen Petra. Jurnal Manajemen Pemasaran, Vol. 12, NO. 1, April.

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia 2018, https://apjii.or.id/
Badan Pusat Statistik, 2018, retrieved on 23 November 2018, http://www.bps.go.id
Otoritas Jasa Keuangan (OJK), http://ojk.go.id
Published
2023-05-31
How to Cite
Rizfie, M. (2023). PENGARUH DIGITAL MARKETING PERSONAL SELLING DAN WORD OF MOUTH TERHADAP LOYALITAS KONSUMEN DAN KEPERAYAAN KONSUMEN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. JUBISMA, 5(1), 38-50. https://doi.org/10.58217/jubisma.v5i1.73