PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP PENJUALAN ICE CREAM WALLS IN HOME PT. JAYA SEGAR ABADI TANGERANG (STUDI KASUS PADA TIP TOP CIMONE DAN GIANT CITRA RAYA)

  • Ira Yustiani
  • Bonar Napitupulu
  • Yayah Yulia
Keywords: Kata Kunci : Promosi, Harga, Penjualan

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh promosi dan harga terhadap penjualan ice cream walls in home pada PT. Jaya Segar Abadi Tangerang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan skala likert dan data kuisioner yang diujikan pada uji statistik dengan SPSS versi 25.0. Uji yang digunakan pada penelitian ini uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji hipotesis dan analisis regresi. Objek pada penelitian ini adalah konsumen ice cream walls in home PT. Jaya Segar Abadi Tangerang pada store Tip top Cimone dan Giant Citra Raya dengan data primer dan teknik sampling incidental, sampel yang digunakan sebanyak 100 responden.

Hasil uji regresi simultan diperoleh persamaan Y = 11,669 + 0,779 X1  + 0,269 X2. Konstanta sebesar 11,669 artinya bahwa ada hubungan yang signifikan antara promosi dan harga dalam meningkatkan penjualan. Hasil uji korelasi simultan sebesar 0,645 artinya variabel promosi dan harga terhadap penjualan  berada di interval 0,60 – 0,645 terdapat keeratan hubungan ketiga variabel tersebut adalah kuat. Hasil uji koefisien determinasi sebesar 0,645 artinya promosi dan disiplin harga memberikan kontribusi pengaruh terhadap penjualan sebesar 64,5% sedangkan 35,5% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Hasil uji hipotesis variabel motivasi dan disiplin kerja terhadap variabel produktivitas kerja karyawan secara simultan melalui uji Fhitung sebesar 34,589 > Ftabel 3,09 dengan siginifikan 0,000 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan.

Kata Kunci : Promosi, Harga, Penjualan

References

Badan Pusat Statistik Indonesia. (2020). Data Pola Konsumsi Rumah Tangga di Indonesia tahun 2018 (Online). Tersedia : https://www.bps.go.id/statictable/2009/06/15/937/persentase-pengeluaran-rata-rata-per-kapita-sebulan-menurut-kelompok-barang-indonesia-1999-2002-2018.html

Danang, Sunyoto. (2015). Perilaku Konsumen dan Pemasaran. Yogyakarta : CAPS.

IDN TIMES. (2020) 7 Es krim terfavorit di Indonesia (Online). Tersedia : https://www.idntimes.com/food/dining-guide/birgitta-angie/7-merek-es-krim-terfavorit/7

Kotler dan Amstrong. (2012). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta : Gramedia.

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management New Jersey. Inc : Pearson Pretice Hall.

Nana Herdiana. (2015). Manajemen Strategi Pemasaran. Bandung : Pustaka Setia.

Rangkuti, Freddy. (2010). Strategi Promosi Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Susenas BPS. (2020). Data Tingkat Konsumsi Ice cream Tahun 2014-2018 (Online). Tersedia: http://epublikasi.setjen.pertanian.go.id/epublikasi/StatistikPertanian/2015/STATISTIK%20KONSUMSI%20PANGAN%202015/files/assets/basic-html/page128.html

Swastha, Basu dan T. Hani Handoko. (2014). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta : BPFE.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta. Semarang : Badan Penerbit-UNDIP.

Published
2021-06-26
How to Cite
Yustiani, I., Napitupulu, B., & Yulia, Y. (2021). PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP PENJUALAN ICE CREAM WALLS IN HOME PT. JAYA SEGAR ABADI TANGERANG (STUDI KASUS PADA TIP TOP CIMONE DAN GIANT CITRA RAYA). JUBISMA, 2(1). https://doi.org/10.58217/jubisma.v2i1.36