PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK SOFTLENS MATA PADA OPTIK RAS EYE DI SERANG BANTEN

  • Yeni Firmawati
Keywords: Yeni Firmawati

Abstract

Optik Ras Eye berdiri di Serang Banten merupakan salah satu usaha yang melayani masyarakat pada bidang kesehatan mata dan menjual berbagai produk salah satunya adalah softlens mata atau Lensa kontak. Optik Ras eye sendiri tergolong dalam optik yang besar yang sudah dikenal di masyarakat Serang Banten, Seperti optik Ras eye, optik melawai, optik seis, optik ganesha dan lain-lain.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan harga, baik secara parsial maupun secara simultan terhadap loyalitas pelanggan pada produk softlens mata pada Optik Ras Eye di Serang Banten.

Desain penelitian penelitian yang digunakan, yaitu desain assosiatif, karena penulis berusaha untuk mengetahui atau menganalisis pengaruh promosi dan harga terhadap Loyalitas Pelanggan pada Softlens mata pada  optic Ras Eye di Serang Banten. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari pada pelanggan produk Softlens mata pada Optik Ras Eye Serang Tangerang, sedangkan sampel dalam penelitian ini ditetapkan dengan menggunakan insidential sample yaitu sampel diambil berdasarkan kebetulan yang bertemu dengan peneliti dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 70 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini analisis regresi sederhana dan berganda yang dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan menggunakan uji t dan uji F.

Hasil penelitian menunjukan bahwa promosi berpengaruh terhadap tingkat Loyalitas Pelanggan.  Harga pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan. Serta  Promosi dan Harga terdapat pengaruh yang positif signifikan terhadap loyalitas pelanggan.

References

DAFTAR PUSTAKA

Ghozali. (2016). Aplikasi Analisisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 18.Semarang : Universitas Diponogoro.
Griffin. (2005). Customer Loyalitas. Jakarta : Salemba Empat.Hasibuan, Malaya S.P. (2016) Manajemen Dasar, Pengertian dan Masalah.Jakarta : Bumi Aksara.
Juliansyah, Noor. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta : Kencana.
Kartajaya, Hermawan. (2002). Hermawan Kartajaya On Marketing. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.
Kotler, Philip & Amstrong, Gary. (2008). Prinsip-Prinsip Pemasaran edisi 12 Jilid 1. Jakarta : Erlangga.
Kotler, Philip & Keller, kevin lane. (2019). Manajemen Pemasaran edisi 13Jilid 2. Jakarta : Erlangga.
Swastha, Basu. (2010). Manajemen Penjualan. Yogyakarta : BPFE.
Sudaryono. (2016). Manajemen Pemasaran Teori dan Implementasi. Yogyakarta:Andi.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta
.Sujarweni, V. Wiratna. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Shults, William J. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Bandung:Alfabeta.
Tjiptono. (2007). Strategi Pemasaran edisi 4. Yogyakarta : Andi.
Published
2020-11-12
How to Cite
Firmawati, Y. (2020). PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PRODUK SOFTLENS MATA PADA OPTIK RAS EYE DI SERANG BANTEN. JUBISMA, 2(1). https://doi.org/10.58217/jubisma.v2i1.28