PENGARUH KEBIJAKAN PEMBATASAN SOSIAL BERSAKALA BESAR TERHADAP RETURN SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE JILID SATU TAHUN 2020

  • M Agung Ali Fikri
Keywords: BEI, PSBB, Indeks, IHSG, ISSI, Return Saham

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan analisis pengaruh suatu peristiwa yaitu kebijakan Pembatasan Sosial Bersakala Besar (PSBB) yang diterapakan Pemerintah Daerah DKI Jakarta yang telah disetujui Pemerintah Pusat periode jilid satu terhadap return saham di Bursa Efek Indonesia (BEI). Data penelitian ini adalah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) dan Sembilan Indeks Sektoral sebagai indikator pergerakan harga saham di BEI. Periode yang digunakan adalah 10 hari bursa sebelum dan sesudah tanggal pengumuman PSBB. Metode penelitian menggunakan uji statistik paired sample  correlation test. Hasil penelitian  menunjukkan terdapat korelasi negatif IHSG serta ISSI dalam menyikapi peristiwa PSBB. Delapan indeks sektoral di BEI juga mendapatkan korelasi negatif. Namun berdasarkan hasil uji hitung Sig masih lebih besar dibandingkan 0,05 artinya pengaruhnya tidak signifikan. Kebijakan PSBB diharapkan tidak memberikan dampak signifikan bagi hasil investasi di Pasar Modal Indonesia.

References

DAFTAR PUSTAKA

Bodie, Kane & Marcus. (2011). Investment, 9th Edition. New York: McGraw-Hill Companies Inc.
Jogiyanto. (2010). Studi Peristiwa: Menguji Reaksi Pasar Modal Akibat Suatu Peristiwa. Edisi Pertama. Yogyakarta: BPFE
Jogiyanto. (2010). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Yogyakarta : BPFE.
Latifah, Uli. (2012). Analisis Perbedaan Return Saham Sebelum dan Sesudah Hari Libur Keagamaan Serta Hari Libur Nasional di Bursa Efek Indonesia Periode 2007-2011. Skripsi. Program Sarjana Universitas Dipenogoro.
Manurung, Adler Haymans. (2012). Konsep dan Empiris Teori Investasi. Jakarta: PT Adler Manurung Press.
Ria, Aseptin. (2011). Reaksi Pasar Modal Indonesia Terhadap Peristiwa Politik Dalam Negeri (Event Study: Pada Peristiwa Mundurnya Sri Mulyani Indrawati Sebagai Menteri Keuangan). Binar Akuntansi. Vol. 1. No. 1: 14-22.






















hasil uji hitung Sig masih lebih besar dari probabilitas 0,05 artinya pengaruh tersebut tidak signifikan.




Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutedi, Adrian. (2011). Pasar Modal Syariah. Jakarta : Sinar Grafika.
Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No.33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB dalam Penangangan Covid 19 di Provinsi DKI Jakarta.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No.21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019.
https://id.wikipedia.org/wiki/Pembatasan_sosial_berskala_besar_Indonesia_2020
(Diakses tanggal 1 Juli 2020)
Published
2020-11-12
How to Cite
Fikri, M. A. (2020). PENGARUH KEBIJAKAN PEMBATASAN SOSIAL BERSAKALA BESAR TERHADAP RETURN SAHAM DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE JILID SATU TAHUN 2020. JUBISMA, 2(1). https://doi.org/10.58217/jubisma.v2i1.26