PENGARUH ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI), DIGITALISASI, DAN ETIKA PROFESI TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG LAPORAN KEUANGAN
PENGARUH ARTIFICIAL INTELLIGENCE (AI), DIGITALISASI, DAN ETIKA PROFESI TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG LAPORAN KEUANGAN
Abstract
Perkembangan teknologi digital dan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) membawa perubahan signifikan dalam dunia akuntansi, termasuk dalam proses pembelajaran dan pemahaman laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh AI, digitalisasi, dan etika profesi terhadap pemahaman mahasiswa tentang laporan keuangan. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei terhadap mahasiswa akuntansi di Universitas Insan Pembangunan Indonesia. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial artificial intellegence dan digitalisasi berpengaruh signifikan terhadap pemahaman mahasiswa tentang laporan keuangan namun hasil penelitian pada uji F secara simultan menunjukan bahwa baik artificial intelligence, digitalisasi dan etika profesi berpengeruh simultan terhadap pemahaman mahasiswa tentang laporan keuangan. Temuan ini menunjukkan bahwa kombinasi antara kompetensi teknologi dan integritas etika menjadi kunci dalam menghasilkan calon akuntan profesional di era digital.
References
(2017). The New Accountants: Digitalisation, Cloud and Big Data Revolution. Meditari Accountancy Research, 25(2), 300–322.
Arens, A. A., Elder, R. J., & Beasley, M. S.
(2019). Auditing and Assurance Services: An Integrated Approach. 17th Edition. Pearson.
Davenport, T. H., & Ronanki, R. (2018).
Artificial Intelligence for the Real World. Harvard Business Review, 96(1), 108–116.
Dini, N. C., & Dwi, E. S. (2025) Pengaruh
Artificial Intelligence (AI) dan Digitalisasi Terhadap Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Tentang Laporan Keuangan. Journal of Busines and Economics Research (JBE). Vol.6, No.2 June 2025 pp.659-666.
Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). (2022).
Kode Etik Profesi Akuntan Indonesia. Jakarta: IAI Press.
Kieso, D. E., Weygandt, J. J., & Warfield, T.
D. (2020). Intermediate Accounting. 17th Edition. Wiley.
Kokina, J., & Davenport, T. H. (2017). The
Emergence of Artificial Intelligence: How Automation is Changing Auditing and Accounting. Journal of Emerging Technologies in Accounting, 14(1), 115–122.
Mintz, S. M., & Morris, R. E. (2020). Ethical
Obligations and Decision Making in Accounting (5th ed.). McGraw-Hill Education.
Pradana, R., & Sari, D. (2022). Peran
Artificial Intelligence terhadap Pembelajaran Akuntansi di Era Digital. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 14(1), 67–78.
PwC. (2023). AI Business Outlook Report.
PwC Global.
Rom, A., & Rohde, C. (2019). Digitalization
of Management Accounting. Management Accounting Research, 45(3), 1–10.
Russell, S., & Norvig, P. (2021). Artificial
Intelligence: A Modern Approach (4th ed.). Pearson Education.
Shafer, W. E. (2015). Ethical Climate, Social
Responsibility, and Earnings Management. Journal of Business Ethics, 126(1), 43–56.
Susanti, E., & Nugroho, A. (2023). Pengaruh
Digitalisasi dan Etika Profesi terhadap Pemahaman Mahasiswa Akuntansi dalam Membaca Laporan Keuangan. Jurnal Akuntansi dan Keuangan, 18(2), 45–56.
Susanto, A. (2017). Sistem Informasi
Akuntansi: Struktur Pengendalian Risiko dan Pengembangan. Bandung: Lingga Jaya.
Copyright (c) 2025 RIA HARTATI, Rachma Nadhila Sudiyono, Admiral Admiral, Gusli Chidir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)




