Pengaruh Word of Mouth dan Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen

  • Muhammad Dala Rizfie Universitas Insan Pembangunan
  • Azhari Azhari
  • Yayah Yulia
  • Rachma Nadhila Sudiyono
Keywords: Word of Mouth, Kepercayaan Konsumen, Loyalitas Konsumen, Perencanaan Keuangan

Abstract

Kebutuhan akan profesi perencana keuangan akan semakin meningkat. Hal ini disebabkan meningkatnya kompleksitas produk-produk keuangan yang ditawarkan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup keluarga dalam hal merencanakan mulai dari kebutuhan pengelolaan arus kas keluarga, menabung, investasi, pengelolaan dana pendidikan anak, hingga perencanaan pensiun. Word of mouth memiliki kekuatan besar yang berdampak pada perilaku pembelian konsumen. Rekomendasi dari teman yang sudah dipercaya, asosiasi, dan konsumen lain berpotensi untuk lebih dipercaya dibandingkan dari sumber komersil, seperti iklan yang nantinya akan menghasilkan loyalitas konsumen terhadap jasa perencanaan itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh word of mouth dan kepercayaan konsumen terhadap loyalitas konsumen jasa perencanaan keuangan. Metode penelitian yang dipakai adalah pendekatan kuantitatif denagn desain penelitian asosiatif yang menggunakan data primer berupa pemberian kuesioner kepada 100 responden. Hasil dari penelitian ini adalah  word of mouth dan kepercayaan konsumen baik secara parsial maupun simultan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen jasa perencanaan keuangan.

References

Charles F Hofacker. 2018. Digital Marketing :
Communicating, Selling and Connecting.

Bagas Aji Pamungkas dan Siti Zuhroh, 2016.
Pengaruh Promosi di Media Sosial dan Word of Mouth terhadap Keputusan Pembelian, Study Kasus Kedai Bontacos Jombang. STIE PGRI Dewantara, Jombang. Vol. X No. 02, September: 145-160

Muhammad Fahmi Rizanata, 2014. Pengaruh
Kepercayaan Pelanggan, terhadap Word of Mouth, Niat Beli dan Retensi Pelanggan. STIE Perbanas Surabaya, Volume 4, No. 1, May : pages 31 –42

Mujaddid Adinugroho, 2015. Pengaruh
Kepercayaan Pelanggan, Komitmen Pelanggan, dan Komunikasi Word of Mouth terhadap Loyalitas Pelanggan Minimarket. Universitas Negeri Yogyakarta, Vol. 11 No. 14 : 16 - 33

Ni Nyoman Kusuma Aditya Dewi dan I Gde Ketut
Warmika, 2017. Pengaruh Internet Marketing, Brand Awareness, dan WOM Communication terhadap Keputusan Pembelian Produk Spa Bali Alus. Universitas Udayana, Bali. Vol. 6, No. 10 : 5580-5606
Published
2025-11-15
How to Cite
Rizfie, M., Azhari, A., Yulia, Y., & Sudiyono, R. (2025). Pengaruh Word of Mouth dan Kepercayaan Konsumen terhadap Loyalitas Konsumen. JUBISMA, 7(2), 48 - 56. https://doi.org/10.58217/jubisma.v7i2.227