PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA APOTEK GLUCOCARE GRUP DI KABUPATEN PEMALANG

  • Firda Hasani Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • BONAR BJ NAPITUPULU UNPI
  • Yunianto Agung Nugroho Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Keywords: Promosi, Kualitas Layanan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami, menganalisis dan mengidentifikasi sejauh mana “Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Apotek Glucocare Grup di Kabupaten Pemalang”. Promosi dan Kualitas Layanan merupakan dua dari berbagai faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli pada Apotek Glucocare Grup yang tidak diketahui jumlahnya, sampel diambil menggunakan teknik Purposive Sampling dengan rumus Lemeshow, lalu menghasilkan 100 responden dengan tingkat kesalahan 10%. Data yang dikumpulkan selanjutnya akan diuji dengan menggunakan uji instrumen, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan yaitu sebesar thitung > ttabel (14,863 > 1,98447). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan yaitu sebesar thitung > ttabel (12,869 > 1,98447). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Promosi dan Kualitas Layanan secara bersama-sama terhadap Kepuasan Pelanggan yaitu sebesar fhitung > ftabel (137,556 > 3,09). Dengan persamaan regresi linier berganda Y = 5,270 + 0,567X1 + 0,308X2.

Author Biographies

Firda Hasani, Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Mahasiswi Universitas Insan Pembangunan

Yunianto Agung Nugroho, Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Dosen Tetap Universitas Insan Pembangunan

References

Adhari, I. Z. (2021), Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust. Pasuruan: Penerbit Qiara Media

Amri, S., dkk. (2022). Pengantar Ilmu Manajemen. Cetakan Pertama. Lombok Barat: Seval Literindo Kreasi.

Cen, C. C. (2023). Pengantar Manajemen. Padang: PT Inovasi Pratama Internasional.

Estiana, R dkk. (2022). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi Pada UMKM. Sleman: Deepublish

Fatkhurahman. (2024). Manajemen Wirausaha: Model Mencapai Keunggulan Bersaing. Pekanbaru: LPPM Universitas Lancang Kuning.

Fatma, N dkk. (2023). Manajemen Pemasaran Era Industri 4.0. Makassar: Nas Media Pustaka

Gustiawan, P dkk. (2025). Pemasaran Digital: Merancang Strategi Kreatif di Era Teknologi. Pagar Alam: LD Media

Hamid, R. S dkk. (2023). Ilmu Manajemen Pemasaran. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia

Harjadi, D. (2024). Marketing (Teori dan Konsep). Cirebon: Arr Rad Pratama

Hasan, S dkk. (2022). Manajemen Keuangan. Cetakan Pertama. Purwokerto: Pena Persada.

Hidayati, A dkk. (2021). Loyalitas dan Kepuasan Konsumen: Tinjauan Teoritik. Surabaya: Cipta Media Nusantara

Idrus, S. A. (2019). Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian: Konsep dan Teori. Malang: Media Nusa Creative

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama. Surabaya: UP Unitomo Press.

Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama. Surabaya: UP Unitomo Press.

Judijanto, L dkk (2024). Manajemen Pemasaran. Banjarnegara: Penerbit Qriset Indonesia

Juju, U. (2023). Pengantar Manajemen Pemasaran. Surabaya: Cipta Media Nusantara

Kurniawan, P dkk. (2023). Manajemen Pemasaran. Bantul: Selat Media

Kusnanto, D dkk. (2023). Manajemen Pemasaran Teori Dan Praktik Mencapai Terget. Cetakan Pertama. Indramayu: Adanu Abimata

Mu’ah. (2021). Loyalitas Pelanggan Tinjauan Aspek Kualitas Pelayanan dan Biaya Peralihan. Sidoarjo: Zifatama Jawara

Mujito dkk. (2024). Manajemen Pelayanan Prima. Tasikmalaya: Edu Publisher

Nababan, B. O dkk. (2023). Manajemen Pelayanan Publik dan Bisnis. Bantul: Selat Media

Nasution, A. A. (2022). Buku Ajar Manajemen Pemasaran.

Cetakan Pertama. Padang: Inovasi Pratama Internasional

Nasution, U. B dkk. (2024). Buku Ajar Pengantar Bisnis. Jambi: Son Media Publishing Indonesia

Noer, S. M. (2022). Manajemen Dan Kepemimpinan Sekolah Muhammadiyah. Pasaman Barat: Azka Pustaka.

Ramli, M. (2023). Pengantar Ekonomi Dan Bisnis. Pasaman Barat: Azka Pustaka

Reken, F dkk. (2024). Pengantar Ilmu Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Padang: Gita Lentera

Sa’adah, L. (2020). Kualitas Layanan, Harga, Citra Merk serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen. Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah

Saleh, M. Y dkk. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies. Makassar: Sah Media

Saptadi, T. S dkk. (2024). Manajemen Promosi Produk. Batam: Cendikia Mulia Mandiri

Satriadi dkk. (2021). Manajemen Pemasaran. Bantul: Samudra Biru

Sembiring. H. R. U dkk. (2024).

Pelayanan Publik Berorientasi Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo

Sulasmi, E. (2020). Manajemen dan Kepemimpinan. Cetakan Pertama Cetakan Pertama. Depok : Raja Grafindo Persada

Sumual, L.P. (2024). Sejarah dan Perkembangan Ilmu Manajemen. Cetakan Pertama. Padang: Gita Lentera

Sunaengsih, C dkk. (2025).

Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Akademik. Bandung: Indonesia Emas Group

Syafruddin dkk. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Batam: Rey Media Grafika.

Syah, A. (2021). Manajemen Pemasaran Kepuasan Pelanggan. Bandung: Penerbit Widina

Tapaningsih, W. I. D. A dkk. (2022). Manajemen Pemasaran. Serang:Sada Kurnia Pustaka

Tirtayasa, S dkk. (2024). Manajemen Pemasaran dalam Memoderasi Minat Beli Mobil Lisrik. Medan: Umsu Press

Wahyudi. (2024). Strategi Pemasaran Jasa. Indramayu: Penerbit Adab

Published
2025-11-13
How to Cite
Hasani, F., NAPITUPULU, B., & Nugroho, Y. (2025). PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA APOTEK GLUCOCARE GRUP DI KABUPATEN PEMALANG. JUBISMA, 7(2), 39 - 47. https://doi.org/10.58217/jubisma.v7i2.226