PENGARUH PROMOSI DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA APOTEK GLUCOCARE GRUP DI KABUPATEN PEMALANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami, menganalisis dan mengidentifikasi sejauh mana “Pengaruh Promosi dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada Apotek Glucocare Grup di Kabupaten Pemalang”. Promosi dan Kualitas Layanan merupakan dua dari berbagai faktor yang memengaruhi kepuasan pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah pembeli pada Apotek Glucocare Grup yang tidak diketahui jumlahnya, sampel diambil menggunakan teknik Purposive Sampling dengan rumus Lemeshow, lalu menghasilkan 100 responden dengan tingkat kesalahan 10%. Data yang dikumpulkan selanjutnya akan diuji dengan menggunakan uji instrumen, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Promosi terhadap Kepuasan Pelanggan yaitu sebesar thitung > ttabel (14,863 > 1,98447). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Pelanggan yaitu sebesar thitung > ttabel (12,869 > 1,98447). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Promosi dan Kualitas Layanan secara bersama-sama terhadap Kepuasan Pelanggan yaitu sebesar fhitung > ftabel (137,556 > 3,09). Dengan persamaan regresi linier berganda Y = 5,270 + 0,567X1 + 0,308X2.
References
Adhari, I. Z. (2021), Kepuasan Pelanggan & Pencapaian Brand Trust. Pasuruan: Penerbit Qiara Media
Amri, S., dkk. (2022). Pengantar Ilmu Manajemen. Cetakan Pertama. Lombok Barat: Seval Literindo Kreasi.
Cen, C. C. (2023). Pengantar Manajemen. Padang: PT Inovasi Pratama Internasional.
Estiana, R dkk. (2022). Efektivitas Media Sosial Sebagai Media Promosi Pada UMKM. Sleman: Deepublish
Fatkhurahman. (2024). Manajemen Wirausaha: Model Mencapai Keunggulan Bersaing. Pekanbaru: LPPM Universitas Lancang Kuning.
Fatma, N dkk. (2023). Manajemen Pemasaran Era Industri 4.0. Makassar: Nas Media Pustaka
Gustiawan, P dkk. (2025). Pemasaran Digital: Merancang Strategi Kreatif di Era Teknologi. Pagar Alam: LD Media
Hamid, R. S dkk. (2023). Ilmu Manajemen Pemasaran. Jambi: Sonpedia Publishing Indonesia
Harjadi, D. (2024). Marketing (Teori dan Konsep). Cirebon: Arr Rad Pratama
Hasan, S dkk. (2022). Manajemen Keuangan. Cetakan Pertama. Purwokerto: Pena Persada.
Hidayati, A dkk. (2021). Loyalitas dan Kepuasan Konsumen: Tinjauan Teoritik. Surabaya: Cipta Media Nusantara
Idrus, S. A. (2019). Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian: Konsep dan Teori. Malang: Media Nusa Creative
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama. Surabaya: UP Unitomo Press.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Cetakan Pertama. Surabaya: UP Unitomo Press.
Judijanto, L dkk (2024). Manajemen Pemasaran. Banjarnegara: Penerbit Qriset Indonesia
Juju, U. (2023). Pengantar Manajemen Pemasaran. Surabaya: Cipta Media Nusantara
Kurniawan, P dkk. (2023). Manajemen Pemasaran. Bantul: Selat Media
Kusnanto, D dkk. (2023). Manajemen Pemasaran Teori Dan Praktik Mencapai Terget. Cetakan Pertama. Indramayu: Adanu Abimata
Mu’ah. (2021). Loyalitas Pelanggan Tinjauan Aspek Kualitas Pelayanan dan Biaya Peralihan. Sidoarjo: Zifatama Jawara
Mujito dkk. (2024). Manajemen Pelayanan Prima. Tasikmalaya: Edu Publisher
Nababan, B. O dkk. (2023). Manajemen Pelayanan Publik dan Bisnis. Bantul: Selat Media
Nasution, A. A. (2022). Buku Ajar Manajemen Pemasaran.
Cetakan Pertama. Padang: Inovasi Pratama Internasional
Nasution, U. B dkk. (2024). Buku Ajar Pengantar Bisnis. Jambi: Son Media Publishing Indonesia
Noer, S. M. (2022). Manajemen Dan Kepemimpinan Sekolah Muhammadiyah. Pasaman Barat: Azka Pustaka.
Ramli, M. (2023). Pengantar Ekonomi Dan Bisnis. Pasaman Barat: Azka Pustaka
Reken, F dkk. (2024). Pengantar Ilmu Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama. Padang: Gita Lentera
Sa’adah, L. (2020). Kualitas Layanan, Harga, Citra Merk serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Konsumen. Jombang: LPPM Universitas KH. A. Wahab Hasbullah
Saleh, M. Y dkk. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran: Marketing Concepts and Strategies. Makassar: Sah Media
Saptadi, T. S dkk. (2024). Manajemen Promosi Produk. Batam: Cendikia Mulia Mandiri
Satriadi dkk. (2021). Manajemen Pemasaran. Bantul: Samudra Biru
Sembiring. H. R. U dkk. (2024).
Pelayanan Publik Berorientasi Kepuasan Pelanggan. Jakarta: Elex Media Komputindo
Sulasmi, E. (2020). Manajemen dan Kepemimpinan. Cetakan Pertama Cetakan Pertama. Depok : Raja Grafindo Persada
Sumual, L.P. (2024). Sejarah dan Perkembangan Ilmu Manajemen. Cetakan Pertama. Padang: Gita Lentera
Sunaengsih, C dkk. (2025).
Kepemimpinan Transformasional dalam Meningkatkan Kualitas Layanan Akademik. Bandung: Indonesia Emas Group
Syafruddin dkk. (2022). Manajemen Sumber Daya Manusia. Batam: Rey Media Grafika.
Syah, A. (2021). Manajemen Pemasaran Kepuasan Pelanggan. Bandung: Penerbit Widina
Tapaningsih, W. I. D. A dkk. (2022). Manajemen Pemasaran. Serang:Sada Kurnia Pustaka
Tirtayasa, S dkk. (2024). Manajemen Pemasaran dalam Memoderasi Minat Beli Mobil Lisrik. Medan: Umsu Press
Wahyudi. (2024). Strategi Pemasaran Jasa. Indramayu: Penerbit Adab
Copyright (c) 2025 BONAR BJ NAPITUPULU, Firda Hasani, Yunianto Agung Nugroho

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)




