PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU BRAND LOKAL PRAYERKIDS

  • Sifa Nurulita
  • Gazali Gazali Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Dhaniel Hutagalung Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Keywords: Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh persepsi harga terhadap keputusan pembelian, (2) pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian, dan (3) pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepatu brand lokal Prayerkids. Subjek penelitian ini adalah konsumen dengan jumlah responden sebanyak 97 orang. Metode pengumpulan data dilakukan melalui survei dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis secara kuantitatif dengan bantuan aplikasi SPSS versi 27. Teknik analisis data meliputi analisis deskriptif, inferensial, skala Likert, serta sampling technique. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi harga (X1) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan thitung 17,953 > ttabel 1,985, (2) kualitas produk (X2) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai sig 0,001 < 0,05 dan thitung 17,676 > ttabel 1,985, (3) hasil uji simultan F diperoleh nilai sig 0,000 < 0,05 dan Fhitung 214,317 > Ftabel 3,09. Dengan demikian, persepsi harga (X1) dan kualitas produk (X2) secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu Prayerkids

References

Adiwibowo, P. H dkk. (2024). Statistika Deskriptif. Cetakan Pertama. Batam: Yayasan Cendikia Mulia Mandiri.
Ali, I. H dkk. (2024). Metodologi Penelitian. Cetakan Pertama. Cilacap: Media Pustaka Indo.
Alimin, E dkk. (2022). Manajemen Pemasaran (Kajian Pengantar di Era Bisnis Modern). Cetakan Pertama. Lombok Barat: Seval Literindo Kreasi.
Amri, S., dkk. (2022). Pengantar Ilmu Manajemen. Cetakan Pertama. Lombok Barat: Seval Literindo Kreasi.
Arfah, Y. (2022). Keputusan Pembelian Produk. Padang Sidempuan. PT Inovasi Pratama Internasional. Bandung: Feniks Muda Sejahtera
Cen, C. C. (2023). Pengantar Manajemen. Padang: PT Inovasi Pratama Internasional. Cetakan Pertama. Indramayu: CV Adanu Abimata
Dewi, L. M. I., Giantri, K. A. G. (2023). Niat Beli Konsumen Berbasis Sikap, Norma Subyektif, Dan Kualitas Produk. Bandung: Intelektual Manifes Media.
Gunawan, D dkk. (2022). Monograf Keputusan Pembelian Skincare safi Berbasis Media Marketing. Padang Sidempuan: PT Inovasi Pratama Internasional.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: UP Unitomo Press. Jambi: PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Kaawoan, N. Y. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Presepsi Harga, Dan Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Pada Produk Minimal Ladies Di Matahari Megamall Manado). Jurnal EMBA :Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(2). 510- 520
Khakim Amri1, A., & Arifin, Z. (n.d.). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi, Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Di Pt Harta Mulia. JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan) ~ 55 Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi- BerbagiSerupa 4.0 Internasional. JU-ke (Jurnal Ketahanan Pangan) 8, 55– 61.
Lestari, R., & Nurwulandari, A. (n.d.). Pengaruh kualitas produk, promosi penjualan , persepsi harga terhadap kepercayaan dan dampaknya pada keputusan pembelian di Qonita Property Depok. Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan.1930-1939
Musriha. (2021). Statistik Induktif Dan Metode Kuantitatif Untuk Ekonomi Dan Bisnis. Edisi Revisi. Surabaya: Jakad Media Publishing.
Nasution, A.A., Sutejo, B. (2022). Manajemen Pemasaran. Cetakan Pertama.
Padang Sidempuan: PT Inovasi Pratama Internasional.
Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.
Pebriyanti, T dkk. (2024). Buku Ajar Manajemen Operasional. Cetakan Pertama.
Poespa, A. A. R., Cahyono, R., & Martah, V. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Lotion Marina. IqtishaDequity Jurnal Manajemen, 3(1). 212-223
Prasetiyo, A. H., Rustamaji, D., Sumarni, S., & Nadhifah, N. I. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Presepsi Harga Dan Kemampuan Berkomunikasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Pt. Jne Babat Lamongan. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah), 5(1). 463-479
Putri, C. A., & Hariasih, M. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Layanan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Sumber Rezeki di Desa Kedungkembar. Innovative Technologica: Methodical Research Journal, 2(2). 1-14
Rapingah, S dkk. (2022). Buku Ajar Metode Penelitian. Cetakan Pertama.
Purwokerto: CV Pena Persada.
Reken, F dkk. (2024). Pengantar Ilmu Manajemen Pemasaran. Padang: CV Gita Lentera
Rissa Febrianti, & Mochammad Mukti Ali. (2024). Pengaruh Kualitas Produk, Citra merek dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Downy di Borma Dago. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(1). 676- 687
Rizki Miftahul Janah, & Hendrati Dwi Mulyaningsih. (2024). Pengaruh Celebrity Endorsement dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian. Bandung Conference Series: Business and Management, 4(1). 331-347
Roflin, E dkk. (2021). Populasi, Sampel, Variabel dalam Penelitian. Cetakan Pertama. Pekalongan: Nasya Expanding Management.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Utama, A. P. (2023). Manajemen Pemasaran Konsep Dasar dan Ruang Lingkup.
Viddy, A. (2024). Penelitian Vokasi. Cetakan Pertama. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Yuliana dkk. (2023). Statistik. Cetakan Pertama. Pasaman Barat: Azka Pustaka
Published
2025-11-16
How to Cite
Nurulita, S., Gazali, G., & Hutagalung, D. (2025). PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU BRAND LOKAL PRAYERKIDS. JUBISMA, 7(2), 20 - 30. https://doi.org/10.58217/jubisma.v7i2.223