PENGARUH BRAND AWARENESS DAN BRAND AMBASSADOR TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN JPX HELMET DI KOTA TANGERANG (Studi Pada Konsumen Marketplace Shopee)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh brand awareness terhadap keputusan pembelian, (2) pengaruh brand ambassador terhadap keputusan pembelian dan (3) pengaruh brand awareness dan brand ambassador terhadap keputusan pembelian. Subjek penelitian ini adalah Konsumen JPX Helmet pada Marketplace Shopee. Penelitian ini bersifat populatif dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Metode pengumpulan data melalui survei dengan menggunakan kuesioner. Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) brand awareness (X1) menunjukan bahwa pengaruh positif berdasarkan uji regresi diperoleh persamaan Y = 4.216 + 0.353 X1 + 0.549 X2. Perhitungan uji hipotesis t sebesar sig 0,000 < 0,05 thitung > ttabel yakni 6,582 > 1,984, (2) brand ambassador (X2) perhitungan uji hipotesis t sebesar sig 0,000 < 0,05 thitung > ttabel yakni 10,647 > 1,984, (3) perhitungan hipotesis F sebesar sig 0,000 < 0,05 Fhitung > Ftabel yakni 97,861 > 3,09, ini menunjukan bahwa (brand awareness) X1 dan (brand ambassador) X2 secara simultan berpengaruh positif dan signifikan dengan (keputusan pembelian).
Kata kunci : Brand Awareness, Brand Ambassador dan Keputusan Pembelian
References
Arikunto, S. (2018). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Program. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Assauri Sofjan. 2017. Manajemen Pemasaran. Raja Grafindo Persada: Jakarta.
Doucett, Elisabeth. (2018). Creating Your Library Brand, Communicating Your Relevance and Value to Your Patrons. Chicago : American Library Association (E-books).
Durianto, Darmadi, Sugiarto, Sitinjak, Tony, (2017), Strategi Menaklukan Pasar
Melalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
Dyan. (2018). Pengantar Manajemen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.
Eris Dwiyanti, dkk (2018). Pengaruh Persepsi Kualitas, Nama Merek Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian. JSMBI (Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia) Vol. 8 No. 2 Desember Hal. 148-163.
Ferrinadewi, Erna, 2019, Merek & Psikologi Konsumen Implikasi pada Strategi Pemasaran, edisi Pertama, Graha Ilmu, Yogyakarta.
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen ( Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.
Firmansyah, M. A. (2018). Perilaku Konsumen ( Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.
Firmansyah, M. Anang. (2019). Pemasaran Produk dan Merek. Jakarta : Qiara Media.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Semarang : Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Gima Sugiama dan Emmanuel Febiano. 2017. Pengaruh Kemasan, Kewajaran Harga Dan Brand Awareness Terhadap Brand Loyalty (Studi Kasus Pada Wisatawan Nusantara di Kartika Sari Bandung). Jurnal Manajemen Maranatha. Volume 17, Nomor 1. Pp 1-14.
Gloria Sterie Wua, dkk (2019). Pengaruh Brand Ambassador Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pt. Telesindo Shop Sebagai Distributor Utama Telkomsel Di Manado ISSN 2303-1174 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan Manajemen Universitas Sam Ratulangi Manado.
Handoko, Hani T. 2019. Manajemen Personalia & Sumberdaya Manusia. Yogyakarta. BPFE Yogyakarta.
Hasibuan, Malayu Sp. 2019. Manajemen. Edisi Revisi, Cetakan Ke Tigabelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Juliana Osak, Derby (2020). Pengaruh Brand Ambassador Dan Tagline Terhadap Keputusan Pembelian Online Dengan Mediasi Brand Awareness. ISSN : 2337-3067 E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 9.4 (2020):357-380.
Juni, D. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu (Pada Era Media Sosial). Bandung: CV Pustaka Setia.
Kasnadi, H., & Indriyani, R. (2019). Pengantar Bisnis. Jakarta: Landasan Ilmu.
Khatri. Dr. Puja. (2019). Celebrity Endorsement: A Strategic Promotion Perspective. Indian Media Studies Journal. Vol. 1 July-Dec
Kotler dan Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1 dan 2.Edisi 12. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Keller. 2018. Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Indeks.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. (2019). Marketing Management Edisi 15. New Jersey: Global Edition, Pearson Prentice Hall.
Lea-Greenwood, Gaynor. (2019). Fashion Marketing Communications Ebook. USA: Wiley
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran. Bandung : Alfabeta.
Mariska Mawadah, Eni. (2018). Pengaruh Brand Ambasador Dan Kesadaran Merek Terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Di Tokopedia Dengan Citra Merek Sebagai Intervening. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 1441 H / 2020.
Meuthia Febrian Selly, (2018). Pengaruh Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Zara (Studi Pada Konsumen Zara Sun Plaza Medan). Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara.
Nandan, L. (2017). Manajemen Pemasaran Teori dan Aplikasi dalam Bisnis (2 ed.). Jakarta: Penerbit Mitra Wacana Media.
Priansah, J. D. (2017). Komunikasi Pemasaran Terpadu Pada Era Media Sosial (1 ed.). Bandung: Pustaka Setia.
Putra, Muhammad Ikhsan, dkk. (2014). Pengaruh Brand Ambassador Terhadap Brand Image Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 12. No. 1
Ridho Raymon. (2014). Pengaruh Visibility, Creadibility, Attraction, Dan Power Artis Sule Sebagai Brand Ambassador Iklan Kartu Prabayar As Terhadap Brand Image Kartu Prabayar AS. Jurnal Fisip UIN Riau.
Royan, Frans M. (2019). Marketing Celebrities. Jakarta : PT. Elex Media Komputindo.
Sudaryono. (2017). Pengantar Manajamen Teori dan Kasus (1 ed.). Yogyakarta: Center for Academic and Psycological Services (CAPS).
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Bandung : Alfabeta, CV.
Sumarwan, Ujang dan Tjiptono, Fandy. (2019). Stategi Pemasaran Dalam Perspektif Perilaku Konsumen. Bogor : PT Penerbit IPB Press
Surachman, S.A. (2018). Dasar-dasar Manajemen Merek. Edisi Pertama. Penerbit Bayunedia Publishing. Malang.
Yulizar, I. d. (2020). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Edu Pustaka.
https://www.indosport.com/otomotif/20211110/jpx-helmet-produk-lokal-berkualitas-pendukung-ajang-motocross-ternama
Copyright (c) 2025 Azhari Azhari, Nurul Ramadhan, Gazali Gazali, Muhammad Dala Rizfie

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)