PENGARUH CITRA MERK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDBODY MERK DAVIENA ( STUDI PADA SISWI SMKN 1 KABUPATEN TANGERANG )

  • BONAR BJ NAPITUPULU UNPI
  • Ayu Restiani Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Keywords: Citra Merk, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh citra merk dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handbody merk daviena (studi pada siswi smkn 1 kabupaten tangerang). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengumpulkan data primer melalui penyebaran kuesioner kepada 83 responden. Data yang terkumpul selanjutnya akan diuji dengan menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, kemudian dilanjutkan dengan uji asumsi klasik, yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Selanjutnya, dilakukan uji korelasi (parsial dan simultan), uji koefisien determinasi (parsial dan simultan), uji regresi (sederhana dan berganda), dan terakhir dilakukan uji hipotesis dengan tingkat signifikansi 0.05. Untuk memudahkan pengelolaan data, peneliti menggunakan bantuan program Statistic Program For Social Science (SPSS) versi 26. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simpel random  sampling, yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang yang sama bagi setiap unsur (anggota) populasi untuk dipilih menjadi anggota sampel. Berdasarkan hasil data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa citra merk  berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan korelasi sebesar 0,764, dan kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan korelasi sebesar 0,881.

References

DAFTAR PUSTAKA
Agus, N., Rizki, S., Bhakti,N,R (2023). Pengaruh Citra Merk, Promosi, Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Suatu Barang Di Mode Fashion Rantauprapat. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi), 9(5), 1729-1740.

Alma, H. Buchari (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Amelia, R., Andrian, A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). Dampak Store Atmosphere, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sociolla Di Summarecon Mall Bekasi. JURNAL ECONOMINA, 2(9), 2482-2501.

Assauri, Sofjan. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Depok: Raja Grafindo Persada.

Astuti, A. D., & Febriatmoko, B. (2023). Diferensiasi Produk, Persepsi Harga, Citra Merek Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 20(01), 10-19.

Aulia Febrina Risia, Henny (2022). Analisa Pengaruh Citra Merek Dan KualitasProdukterhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pasta Gigi NASA Di Wilayah Kota Sumbawa Besar). Business Management, 1(1), 2828-7606.

Amelia, R., Andrian, A., & Sumantyo, F. D. S. (2023). Dampak Store Atmosphere, Citra Merek, Dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sociolla Di Summarecon Mall Bekasi. JURNAL ECONOMINA, 2(9), 2482-2501.

Emylia Dzulkharnain (2019). Pengaruh persepsi harga, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. IQTISHADequity Prodi S1 Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis 1(2) 2622-6367.

Hafief Ardhya Bakas, R.R Wening ken Widodasih, & SBR, K. (2023). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga dan Promosi di Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian McDonald’s Di Lippo Cikarang. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 9(4), 1221-1230.
Herdian Akbar, Osly Usman, & Dewi Agustin Pratama Sari. (2023). Pengaruh Persepsi Harga, E-Promosi, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Fashion Lokal. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Keuangan, 3(3), 901-905.

Imelda, W. M., & Prihastuty, D. R. (2024). Analisis Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Azarine Pada Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial Dan Politik Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, Dan Ekonomi, 3(10), 61-70.

Indrasari, Meithiana (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.

Kapirossi, B., & Prabowo, R. E. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian (Studi di Antariksa Kopi Semarang). Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 66-73.

Lestari, D. P., & Widjanarko, W. (2023). Pengaruh Citra Merek, Persepsi Harga Dan E-Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Jiniso.Id Di Marketplace Shopee. JURNAL ECONOMINA, 2(3), 753-765.

Lala Latifah Tarigan (2023). Pengaruh promosi dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone samsung di pt accentuates samsung center medan. Jebidi (jurnal ekonomi bisnis digital), 2 (1), 2829-4963.

Maslahatul Ammah, Tri Sudarwanto (2022). Pengaruh citra merk terhadap keputusan pembelian melalui testimoni pada klinik kecantikan msglow di surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 10(1), 2337-6078.

Nonik (2022). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadapkeputusan pembelian produk fast fashion brand h&m gallaxy mall bekasi. Jurnal Jukim, 1(6), 133-145.

Nugroho, A., & Soliha, E. (2024). Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Kecantikan: Peran Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga Dan Celebrity Endorsement. Jesya, 7(1), 226-242.

Panjaitan, Roymon (2018). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Yayasan Prima Agus Teknik.

Rifki, M., Gunawan, R., & Yulianingsih. (2023). Pengaruh Persepsi Harga dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Flat Shoes. Jurnal Visionida, 9(1). 84-95.

Riyanto, Dicky Wisnu Usdek (2022). Dampak Pemasaran Sosial Media dan Citra Merek Terhadap Niat Beli. Malang: Pustaka Peradaban.

Satriadi, dkk (2021). Manajemen Pemasaran. Yokyakarta: Samudra Biru.

Shofiyah Khairunnisa, Hety Budiyanti, Muh. Ilham Wardhana Haeruddin. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing Instagram, Brand Image, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pada Ms Glow (Studi Kasus Pada Konsumen Distributor Ms Glow Panakukkang di Kota Makassar). CEMERLANG : Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 2(4). 110-126.

Sudaryono (2016). Manajemen Pemasaran Teori Dan Implementasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Tjiptono, Fandy & Diana, Anastasia (2020) Pemasaran. Yogyakarta: Andi offset.

Wibowo, Radna Andi (2019). Manajemen Pemasaran Edisi Satu. Semarang: Radna Andi Wobowo.
Published
2025-05-27
How to Cite
NAPITUPULU, B., & Restiani, A. (2025). PENGARUH CITRA MERK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDBODY MERK DAVIENA ( STUDI PADA SISWI SMKN 1 KABUPATEN TANGERANG ). JUBISMA, 7(1), 31 - 38. https://doi.org/10.58217/jubisma.v7i1.198