Mengapa Gen Z Memilih Smartphone Apple? Analisis Pengaruh Lifestyle, Brand Image dan Brand Trust Terhadap Preferensi

  • Yunita Rahmawati Universitas Insan Pembangunan Indonesia (UNIPI)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup, citra merek dan kepercayaan merek terhadap preferensi. Variabel independen dalam penelitian ini adalah gaya hidup, citra merek dan kepercayaan merek. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah preferensi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik non probability sampling dengan metode purposive sampling dengan total 170 responden dari pengguna smartphone Gen Z Apple di Indonesia. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) variabel gaya hidup sebagian memengaruhi preferensi pengguna smartphone Gen Z Apple. 2) Variabel citra merek sebagian memengaruhi preferensi pengguna smartphone Apple Gen Z. 3) Variabel kepercayaan merek sebagian memengaruhi preferensi pengguna smartphone Apple Gen Z. 4) gaya hidup, citra merek, dan kepercayaan merek secara bersamaan memengaruhi preferensi pengguna smartphone Apple Gen Z.

Kata kunci: Gaya hidup; Citra Merek; Kepercayaan Merek; Preferensi

References

Alfarizi, M. Z., & Wiryawan, D. (2024). Pengaruh Komunikasi dan Citra Merek Terhadap Kepercayaan Merek Kopi Sachet Nescafe Di Bandar Lampung. Alfarizi,Muhammad Zidan, 9(2), 192–200.
Amer, A., Jani, M. S. H., Ibrahim, I., & Aziz, N. A. A. (2019). Brand preferences in Muslimah fashion industries: an insight of framework development and research implications. Humanities & Social Sciences Reviews,.
Ang, C. E., & Keni. (2021). Prediksi Brand Experience Dan Brand Image Terhadap Brand Loyalty: Brand Trust Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajerial Dan Kewirausahaan, 3, 42–51.
Bambang, Lubis, A. R., & Darsono, N. (2017). Pengaruh Brand Image, Brand Personality, Brand Experience Terhadap Brand Love Dampaknya Pada Brand Loyalty Gayo Aceh Coffee Pt. Oro Kopi Gayo Kabupaten Aceh Tengah. Jurnal Perspektif Manajemen Dan Perbankan, 8, 158–184.
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2014). Multivariante Data Analysis. Pearson Aducation Inc.
Hikmawati, Salam, A., & Rizqi, R. M. (2019). Pengaruh Gaya Hidup Berbelanja Dan Ketertarikan Fashion Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif Pada Online Shoping. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 2.
Jannah, D. R. (2022). Preferensi konsumen terhadap karkas ayam broiler segar dan beku di kecamatan Tenggarong. Jurnal Peternakan Lingkungan Tropis, 5, 28–35.
Kotler, P., Brady, M., Goodman, M., & Hansen, T. (2019). Marketing management : European edition. Pearson Higher Ed.
Kotler, P., & Kevin, L. K. (2016). Marketing Managemen (15th ed.). Pearson Education,Inc.
Kotler, P., & Kevin L. Keller. (2009). Marketing Management (=). New Jersey.
Kumbara, V. B., Limakrisna, N., & Yulasmi. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi e-loyalty pelanggan pada e-commerce di Kota Padang Sumatera Barat. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 9, 1326–1338.
Mantala, I. P. F., & Suasana, Gst. A. Kt. G. (2019). Peran Sikap Dalam Memediasi Pengaruh gaya Hidup Terhadap Minat Beli smartphone iphone Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Unud, 8, 1487–1514.
Munisa, M. S. D., & Setiyarini, T. (2023). Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek Terhadap Loyalitas Merek Telkomsel (Studi Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Trunojoyo Madura) . Jurnal Kajian Ilmu Manajemen, 3, 356–363.
Prayoga, A., & Arianto, T. (2023). Pengaruh Brand Equity, Brand Trust Dan Brand Preference Terhadap Loyalitas Pelanggan Three Second Di Bencoolen Indah Mall Bengkulu. Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains (JEMS), 4.
Putri, N. A., & Lestari, D. (2019). Pengaruh Gaya Hidup dan Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan Tenaga Kerja Muda di Jakarta . AKURASI.
Salsabila, P., & Nurhadi. (2022). Pengaruh Pengalaman Merek, Kepercayaan Merek dan Citra Merek Terhadap Loyalitas Merek pada produk Hand & Body Lotion Nivea: (Studi kasus pada pengguna Hand & Body Lotion Nivea di wilayah Gresik). Jurnal E-Bis (Ekonomi-Bisnis), 6, 184–198.
Sebayang, A. (2017). Pengaruh Motivasi Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Laptop Di Wilayah Pancoran Mas Depok. Cakrawala, 17.
Shadrina, A. N., Fathoni, M. A., & Handayani, T. (2021). Pengaruh Trendfashion, Gaya Hidup, Dan Brand Image Terhadap Preferensi Fashion Hijab. Journal of Islamic Economics, 1.
Sugiyono, P. D. (2018). Quantitative, qualitative, and R&D research methods. Bandung:(ALFABETA, Ed.).
Tjiptono, F., & Gregorius, C. (2012). Pemasaran Strategik (Cetakan 2). Bayumedia.
Published
2024-11-22
How to Cite
Rahmawati, Y. (2024). Mengapa Gen Z Memilih Smartphone Apple? Analisis Pengaruh Lifestyle, Brand Image dan Brand Trust Terhadap Preferensi. JUBISMA, 6(2), 17 - 23. https://doi.org/10.58217/jubisma.v6i2.170