PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT PADA DEALER HONDA TIGARAKSA PT TUAIAN LUMBUNG HARAPAN

  • Mickho Putra Dinata
  • BONAR BJ NAPITUPULU UNPI

Abstract

Penelitian ini bertujuan unttuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan pembelian baik secara persial atau simultan. Populasi pada penelitian ini adalah 100 pembeli sepeda motor honda BEAT pada PT Tuaian Lumbung Harapan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Simple Random Sampling menggunakan rumus slovin dengan Tingkat kesalahan 5% sebanyak 80 orang pembeli sepeda motor honda BEAT pada PT Tuaian Lumbung Harapan. Data yang dikumpulkan selanjutnya akan diuji dengan menggunakan uji instrument, uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian yaitu sebesar thitung > ttabel (7,063 >1,99045). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Harga terhadap Keputusan Pembelian yaitu sebesar thitung > ttabel (6.073>1,99045). Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Kualitas Pelayanan dan Harga secara bersama-sama terhadap Keputusan Pembelian yaitu sebesar Fhitung > Ftabel (24,642> 3,12). Dengan persamaan regresi linier berganda Y = 17.588+0,553X1+0,030X2.


 

References

Afiati Lely dkk. (2023) Manajemen Pemasaran Perusahaan. Sidenreng Rappang: Penerbit Lajagoe Pustaka.

Agung, Dimas. (2020) Metodologi Penelitian Panduan Lengkap Penelitian dengan Mudah. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Eka Marheni dkk. (2023) Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Bandung: Penerbit CV. Intelektual Manifes Media.

Firmansyah, Anang. (2019) Pemasaran Produk dan Merek. Surabaya: Penerbit CV. Qiara Media.

Firmansyah, Anang. (2019) Pemasaran (Dasar dan Konsep). Surabaya: Penerbit CV. Qiara Media.

Ghozali, Imam. (2021) Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 26 Edisi 10. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro.

Hafni, Syafrida. (2021) Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Penerbit KMB Indonesia.

Indah Weni dkk. (2022) Manajemen Pemasaran. Serang Banten: Penerbit PT Sada Kurnia Pustaka.

Irwansyah Rudy dkk. (2021) Perilaku Konsumen. Bandung: Penerbit Widina Bhakti Persada.

Indrasari, Meithiana. (2019) Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Penerbit Unitomo Press.

Kusnanto Danang dkk. (2023) Manajemen Pemasaran Teori dan Praktik Mencapai Target. Indramayu: Penerbit CV. Adanu Abimata.

Khudriyah. (2021) Metodologi Penelitian dan Statistik Pendidikan. Malang: Penerbit Madani.

Naufal dan Agus. (2022) Manajemen Pemasaran Jasa Strategi, Mengukur Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan. Surabaya: Penerbit Scopindo Media Pustaka.

Satriadi dkk. (2021) Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru.

Sujarweni. (2020) Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru.

Sugiyono. (2019) Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. alfabeta.

Zusrony, Edwin. (2021) Perilaku Konsumen Di Era Modern. Semarang: Penerbit Yayasan Prima Agus Teknik.

Azizati, A., Zulkifli, Z., & Soedjono, S. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Produk Terhadap Keputusan Pembelian Serta Peran Word Of Mouth Sebagai Variabel Moderasi (Studi Konsumen Dealer Panji Motor di Turen Kabupaten Malang). ARMADA : Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(9).

Aldiesi, D. R., & Wahyudin, N. (2024). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Indomaret Melalui Keunggulan Bersaing Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen.

Alfira Lianita, & Widodasih, RR. W. K. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen GoFood. Jurnal Manajemen, 13(1).

Hesti Noor Fatimah, & Andri Nurtantiono. (2022). Pengaruh Citra Merek, Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Aplikasi Shopee). Jurnal Sinar Manajemen, 9(1).

Muhammad David Bagus Rahendra, & Audita Nuvriasari. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen First Media Di Kota Tegal. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 16(3).

Nur Indahsari, L., & Roni, M. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Kedai Kopi BE Kalirejo. Margin: Jurnal Bisnis Islam Dan Perbankan Syariah.

Naomi Desty Ayu Lestari, & Mochammad Mukti Ali. (2024). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Chemical Di Pt. Kimia Jaya Utama. JEMSI (Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Akuntansi), 10(1).

Rindang Pambudi, F., Pratiwi, A. R., & Ulya, W. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Di Angkringan D’JUGURAN PURBALINGGA. DFAME Digital Financial Accounting Management Economics Journal, 1(1).

Published
2024-11-28
How to Cite
Dinata, M., & NAPITUPULU, B. (2024). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPEDA MOTOR HONDA BEAT PADA DEALER HONDA TIGARAKSA PT TUAIAN LUMBUNG HARAPAN. JUBISMA, 6(2), 1 - 9. https://doi.org/10.58217/jubisma.v6i2.166