PENGARUH IKLAN DAN ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE DEF PADA PT DERMA ELOK FARMA

PENGARUH IKLAN DAN ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE DEF PADA PT DERMA ELOK FARMA

  • Dwi Ferdiyatmoko
Keywords: Iklan, Endorser dan Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang pengaruh iklan dan endorser secara parsial maupun secara simultan terhadap keputusan pembelian produk skincare DEF pada PT Derma Elok Farma. Metode penelitan yang digunakan adalah metode kuantitatif Populasi pada penelitian ini adalah konsumen skincare DEF PT Derma Elok Farma. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini merupakan probability sampling dengan jenis random sampling. Sampel berjumlah 122 responden yang merupakan konsumen skincare DEF pada PT Derma Elok Farma. Sumber data berasal dari data primer yang diperoleh dari hasil kuisioner dan diolah dengan bantuan program SPSS versi 18.0. Analisis data menggunakan uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan dan endorser berpengaruh  secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian produk skincare DEF pada PT Derma Elok Farma.

References

Assauri, S. (2018). Manajemen Pemasaran (Dasar, Konsep & Strategi). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Apriani. (2021). Pengaruh iklan dan citra merek terhadap keputusan pembelian konsumen di Shopee.co.id kota Pekan Baru
Belch, George & Belch, Michael A, (2001). Adversiting and Promotion; an Integrated .Marketing Comunication Perpective. Boston. McGraw-Hill.
Buchari Alma., 2016 Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung. Alfabeta
Durianto, Darmadi, dkk. 2013. Invasi Pasar Dengan Iklan Yang Efektif. Jakarta:
Gramedia Pustaka Utama.
Fatihudin, D., & Firmansyah, A. (2019). Pemasaran Jasa:(Strategi, Mengukur
Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan). Deepublish.
Kotler, Amstrong. 2016. Principles of Marketing Sixteenth Edition Global
Edition.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran. England. Pearson Education Limited.
Malau, H. (2017). Manajemen Pemasaran (Teori dan Aplikasi Pemasaran Era Tradisonal sampai Era Modernisasi Global). Bandung : Alfabeta.
Monica, Nggilu. (2019). Pengaruh iklan dan endorser terhadap brand awareness serta dampaknya pada keputusan pembelian.
Schiffman.L & kanuk.L.L.,(2008).Perilaku Konsumen Indonesia : PT Macanan
jaya cemerlang
Setiawan, B., & Rabuani, C. C. (2019). Pengaruh iklan dan endorser terhadap brand awareness serta dampaknya pada keputusan pembelian. Riset: Jurnal Aplikasi Ekonomi Akuntansi Dan Bisnis, 1(1), 001-015.
Shimp, A. T. (2014). Advertising, Promotion and other Aspects of Integrated Marketing Communications. South-Western: Cangage Learning
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Sujarweni. (2020). Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran : Prinsip dan Penerapan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Widodo. 2017. Metodologi Penelitian Populer & Praktis. Jakarta: Rajawali Pers.
Published
2023-11-14
How to Cite
Ferdiyatmoko, D. (2023). PENGARUH IKLAN DAN ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK SKINCARE DEF PADA PT DERMA ELOK FARMA. JUBISMA, 5(2), 56 - 64. https://doi.org/10.58217/jubisma.v5i2.112