PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SEPATU CONVERSE DI TIGARAKSA KABUPATEN TANGERANG

  • Restiana Regita, restiana Universitas insan Pembangunan Indonesia
  • Admiral Admiral Universitas insan Pembangunan Indonesia
  • Jaka Suwita, jakasuwita Universitas insan Pembangunan Indonesia
Keywords: Kualitas Produk, Citra Merek (Brand Image), Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas produk dan citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian sepatu converse di Tigaraksa Kabupaten Tangerang baik secara parsial maupun simultan.

Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode non probability sampling. Sampel yang diambil dari populasi tersebut adalah komunitas pengguna sepatu Converse di Tigaraksa Kabupaten Tangerang yang berjumlah 97 orang.

Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan skala likert dan data kuesioner yang diujikan pada statistik dengan versi 18.

Metode analisa yang dipakai yaitu uji instrument, uji asumsi klasik, uji koefisien korelasi, uji koefisien determinasi, uji regresi linier dan uji hipotesis dengan menggunakan uji-t (parsial) dan uji-f (simultan).

Hasil pada pengujian yaitu variabel kualitas produk terhadap keputusan pembelian sebesar 65,9%, citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian sebesar 67,3%, sedangkan secara simultan pengaruh kualitas produk dan citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian sebesar 77,2%. Adapun uji t dan uji f kualitas produk terhadap keputusan pembelian 13,559 > 1,661, citra merek (brand image) terhadap keputusan pembelian 13,997 > 1,661, sedangkan uji f simultan 158,767 > 2,36. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan peneliti dapat disimpulkan bahwa secara uji t dan uji f kualitas produk dan citra merek (brand image) berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

References

Anang Firmansyah. (2018). Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Deepublish Publisher.

Aprilia, Niken. "Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Converse di Senayan City." Jurnal Manajemen 6.1 (2021): 34-46.

Ernanda D, Sugiyono S. Pengaruh Suasana Toko, Motif Hedonis Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM). 2017;6(10).

Ernanda, Dimas, dan Sugiyono Sugiyono. "Suasana Toko Pengaruh, Motif Hedonis Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian." Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM) 6.10 (2017).

Kotler, Amstrong Garry. 2016. Principle Of Marketing. 8Th Edition

Putri, Sasti Fajriani. "Pengaruh Faktor Budaya, Sosial, Karakteristik Pribadi Terhadap Keputusan Pembelian Di Aplikasi Shopee Pada Warga Rw 012 Utan Kayu Selatan." (2022).

R. Supomo, Eti Nurhayati. 2018. Pengertian Manajemen, Yrama Widya, Bandung.

Silaen, AJ (2019). Pengaruh Kegiatan Pemasaran Di Media Sosial Terhadap Loyalitas Merek Dan Citra Merek Sebagai Variabel Mediasi Pada Aplikasi Traveloka.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Tjiptono, Fandy. (2020). Strategi Pemasaran. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Wardana DS. Mempengaruhi kepribadian konsumen pada pilihan merek sebagai konsep diri pada kategori produk. Jurnal Ilmiah Aset. 2011;13(1):21-35

Yusup, F., 2018. Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan , 7 (1).

Yusup, Febrinawati. “Uji validitas dan reliabilitas instrumen penelitian kuantitatif.” Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan 7.1 (2018).

Published
2023-11-04
How to Cite
Regita, R., Admiral, A., & Suwita, J. (2023). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA SEPATU CONVERSE DI TIGARAKSA KABUPATEN TANGERANG. JUBISMA, 5(2), 21 - 32. https://doi.org/10.58217/jubisma.v5i2.108