PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KETEPATAN WAKTU PENGIRIMAN PRODUK SYNTHETIC LEATHER TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT BAIKSAN INDONESIA

  • Zahwa Dwi Khoirunisa Universitas insan Pembangunan Indonesia
  • Didi Sutardi Universitas insan Pembangunan Indonesia
  • Adi Yanto Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Keywords: Kepuasan Pelanggan, Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan ketepatan waktu pengiriman produk synthetic leather terhadap kepuasan pelanggan pada PT. Baiksan Indonesia. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survei. Populasi penelitian ini adalah seluruh pelanggan PT. Baiksan Indonesia, teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling maka sampel yang digunakan yaitu 40 pelanggan PT. Baiksan Indonesia. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket (google form).

Analisis pertama diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya. Koefisien korelasi (rhitung) tiap butir pernyataan dibandingkan dengan koefisien korelasi person (rtabel) dengan taraf signifikansi yang digunakan adalah α = 0,05. Uji realibilitas dengan menggunakan rumus Cronbach’s Alpha dan didapatkan 0.953, 0.869 dan 0.853 dari hasil yang didapat setiap variabel >70 oleh karna itu dinyatakan reliabel. Hasil analisis statistik berdasarkan hasil Berdasarkan hasil pengujian diperoleh nilai Adjusted R Square sebesar 0,936 atau 93,6%. Hal ini menunjukan Kualitas Pelayanan (X1) dan Ketepatan Waktu Pengiriman (X2) terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) sebesar 93.6% atau variabel bebas yang digunakan dalam model mampu menjelaskan sebesar 93.6% variabel dependen. Sedangkan sisanya 6.4% dipengaruhi oleh variabel lain.

References

Abubakar, Rusydi. 2018. Manajemen Pemasaran. Bandung : Alfabeta
Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia (Teori, Konsep dan Indikator). Riau: Zanafa Publishing.
Afifatul Gholimah. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas, Dan Ketepatan Waktu Delivery Cargo Terhadap Kepuasan Pengguna Jasa Pabean Di PT. Biru Pratama Logistindo Line Semarang: Jurnal Ekonomi Manajemen Akuntansi.
Agustiana, Waluyo., dan Widiany, F.L. 2020. Sifat Organoleptik dan Kadar Serat Pangan Mi Basah Dengan Penambahan Bahan Tepung Okra Hijau (Abelmushus esculentum L.). Jurnal Gizi Vol. 9 No. 1 Tahun 2020
Amirullah. 2018. Pengantar Manajemen. Jakarta: Mitra Wacana Media
Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka cipta.
Armaniah, H., Marthanti, S., dan Yusuf, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Honda Tangerang. Managerial –Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen, 2(2).
Aprilentina. (2020). Penggunaan Metode Circ pada Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa: Buana Pendidikan.
Carmelia Cesariana. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Market Place: Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan (Literature Review Manajemen Pemasaran): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial.
Daryanto dan Ismanto Setyobudi. 2019. Konsumen dan Pelayanan Prima. Malang: Gava Media.S.
Dewi Rahmawati. (2022). Prediksi Pelaku Perjalanan Luar Negeri Di Masa Pandemi COVID-19 Menggunakan Metode Regresi Linier Sederhana: Journal of Information System Research (JOSH).
Diah Pranitasari. (2021). Analisis Kepuasan Pelanggan Elektronik Shopee Menggunakan Metode E-Service Quality dan Kartesius: Jurnal Akuntansi dan Manajemen (JAM)
Dikaprio Dewantoro. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu Pengiriman dan Fasilitas Tracking Sistem Terhadap Kepuasan Pelanggan JNE: Prosiding Biema.
Firmansyah, A. 2018. Pengantar Manajemen. Edisi ke-1. Yogyakarta: Deepublish
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 22. Badan Penerbit Universitas Diponegoro: Semarang
Hafizha, S., & Nuryani, H. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Ketepatan Waktu, Tarif Pengiriman, dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan J&T Express. Jurnal Manajemen dan Bisnis, 2(1).
Handayani, R. (2020). Metodologi Penelitian Sosial. Yogyakarta: Trussmedia Grafika.
Handoko, H. B. (2010) Cara Mudah Membangun Blog Toko Online Jakarta: Salemba Empat, 30.
Handoko, T. H. (2018). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE
Harsiti. (2022). Penerapan Metode Regresi Linier Sederhana Untuk Prediksi Persediaan Obat Jenis Tablet: Jurnal Sistem Informasi
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Intan Eviani. (2021). Pengaruh Sistem Pelacakan Online dan Ketepatan Waktu Pengiriman Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus J&T Express Kota Baru Bekasi): Jurnal Manajemen Logistik.
Julian Aryandi. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Cafe Wareg Bengkulu: Jurnal Manajemen Modal Insani dan Bisnis
Laksana, M. W. dan Mukarom, Z. (2019). Manajemen Pelayanan Publik. CV Pustaka Setia, Bandung.
Manengal, B., Kalangi, J. A. F., & Punuindoong, A. Y. (2021). Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasaan pelanggan bengkel motor Ando Tombatu. Productivity, 2(1), 42–46
Matius Sutrisno. (2021). Pengaruh Kompensasi dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening di Yayasan X: Jurnal Ilmiah Indonesia.
Nurintan. (2019). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Loyalitas Pelanggan Pasar Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening di Toko Abang-Adik: Jurnal Benefita 4(2)
Novi Hartanti. (2019). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis dan Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika: Jurnal Pendidikan MIPA.
Pujawan, I., N., dan Mahendrawathi. (2010). Supply Chain Management, Edisi Kedua, Guna Widya, Surabaya.
Rahmania Rahman. (2020). Penggunaan Aplikasi Quizziz Sebagai Media Pemberian Kuis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan
Riyanto, A. (2018). Implikasi Kualitas Pelayanan. Ecodemica, 2(1).
Santoso. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, dan Harga Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen (Studi Pada Konsumen Geprek Bensu Rawamangun): Jurnal Akuntansi dan Manajemen.
Sarah Soetanto. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Keandalan Pengiriman, dan Promosi Penjualan Terhadap Kepuasan Pelanggan Online Shop di Instagram: Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis.
Setyo Ferry Wibowo. (2019). Analisis Pengaruh E-Service Quality dan Perceived Service Value Terhadap Kepuasan Pelanggan Tokopedia: Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia (JRMSI)
Sholeha, Ludviyatus, dan Djaja, Sutrisno. (2018), Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di Ahass Sumber Jaya Maha Sakti Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosial 12(1), 15-25.
Sudarsono, H. (2020). Buku ajar: Manajemen pemasaran. Jember: Pustaka Abadi.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta
Sunyoto, D. (2019). Dasar-dasar Manajemen Pemasaran (Konsep, Strategi dan Kasus). Cetakan Ke-3. Jakarta: PT. Buku Seru
Tilaar. (2021). Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Terhadap Pemahaman Akuntansi Sektor Publik di Keuangan Rumah Sakit Abdul Moloek Provinsi Lampung : Journal of Accounting Taxing and Auditing (JATA)
Tjiptono Fandy. (2020). Strategi Pemasaran: Prinsip dan Penerapan Penerbit Andi. Yogyakarta.
Tri Wisudawati. (2020). Pengukuran Usability Media Pembelajaran Online Google Classroom (Studi Kasus : Prodi Teknik Industri UDB) Surakarta: Innovation in Research of Informatics (INNOVATICS).
Utomo, S. B., & Riswanto, I. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bengkel Ahass Gumilang Motor Rajagaluh Kabupaten Majalengka. Syntax, 1(6)
Yoega. (2023). Pengaruh Insentif dan Dukungan Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Sinar Mitra Sepadan Finance Cabang Kota Bengkulu: Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains (JEMS)
Zeithaml, V. A. (2018). Service Quality Dimensions. Services Marketing Integrating Customer Focus Across the Firm (7th ed.). MC Graw Hil Education
Published
2023-11-14
How to Cite
Khoirunisa, Z., Sutardi, D., & Yanto, A. (2023). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN KETEPATAN WAKTU PENGIRIMAN PRODUK SYNTHETIC LEATHER TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN PADA PT BAIKSAN INDONESIA. JUBISMA, 5(2), 33 - 44. https://doi.org/10.58217/jubisma.v5i2.104