Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare Wardah PT. Paragon Technology and Innovation

  • Hanifah Sahar Najiyah Universitas Insan Pembangunan Indonesia
Keywords: Kualitas Produk, Promosi, Keputusan Pembelian

Abstract

Kualitas produk dan promosi merupakan unsur-unsur penting dalam keputusan pembelian produk Skincare wardah PT. Paragon Technology and Innovation. Meningkatnya taraf hidup atau daya beli dan juga kebutuhan akan produk kosmetik masyarakat Indonesia menimbulkan persaingan yang ketat sehingga perlu strategi pemasaran secara efektif agar penjualan dapat meningkat.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Produk (X1) dan Promosi (X2) Terhadap Keputusan Pembelian (Y) pada Produk Skincare Wardah PT. Paragon Technology and Innovation. 

Adapun metode penelitian yang digunakan yaitu dengan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan cara membagikan kuesioner kepada responden yang berjumlah 161 responden.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada produk Skincare wardah. (2) ada pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian pada produk Skincare wardah. (3) ada pengaruh antara kualitas produk dan promosi terhadap keputusan pembelian pada produk Skincare wardah. Faktor kualitas produk dan promosi mempunyai pengaruh sebesar 21,8% dan sisanya 78,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

References

Kawet, R. C., & Paat, F. J. (2022). Manajemen Kualitas Produk dan Distribusi. Manado: CV. Mineral Mutiara Bumi Press.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2018). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2018). Manajemen Pemasaran. 

Kusumastuti, A., Khoiron, A. M., & Achmadi, T. A. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif. Sleman: Deepublish.

Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Palangkaraya: Rineka Cipta.

Nazir, M., & Sikumbang, R. (2014). Metode penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Rosyadi, I. (2018). Strategi dan Taktik Promosi Produk. Malang: Empatdua Media.

Rusiadi, Subiantoro, N., & Hidayat, R. (2016). Metode Penelitian Manajemen, Akuntansi dan Ekonomi Pembangunan. Medan: USU Prees.

Simamora, B. (2018). Riset Pemasaran Falsafah, Teori dan Aplikasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Desain Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Jakarta: Alfabeta.

Tika, M. P. (2015). Metode Riset Bisnis. Jombang: PT. Bumi Aksara.

Wijaya, T., & Sarwiji, B. (2018). Manajemen Kualitas Jasa. Jakarta: PT. Index.
Published
2023-11-04
How to Cite
Najiyah, H. (2023). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Skincare Wardah PT. Paragon Technology and Innovation. JUBISMA, 5(2), 7 - 14. https://doi.org/10.58217/jubisma.v5i2.103